Renungan Minggu Akhir Tahun Gerejawi/Peringatan Orang Meninggal

Minggu, 20 November 2011

Matius 12:33-37

SEGALANYA AKAN BERAKHIR

Inilah Minggu terakhir bagi kita berdasarkan perhitungan tahun gerejawi, sekaligus minggu ini kita pakai sebagai moment untuk memperingati saudara-saudara kita yang telah meninggal mendahului kita dari dunia ini. Memasuki minggu seperti ini terbersit dalam benak kita bahwa segalanya akan berakhir. Dunia akan berakhir, dan dengan sendirinya aktifitasnya akan berhenti. Manusia tidak abadi, sebab itu dia tidak kebal menghadapi masa akhir itu. Kehidupannya akan terhenti, perbuatan dan ucapannya akan berakhir. Di saat kita memperingati saudara-saudara kita yang telah meninggal, yang sudah lebih dulu mengalami masa perhentian dari dunia ini, kita disadarkan bahwa kita pun akan berhenti dari kehidupan dunia ini. Untuk itu firman ini mengajak kita untuk mengabdi bagi Tuhan selagi masih hidup.

Minggu khusus ini mengingatkan kita dalam beberapa hal, yaitu:

  1. Hidup ini tidak lama hanya sekejap, namun kita diajak mengisi setiap detik kehidupan ini dengan perbuatan dan perkataan yang baik. Firman ini menyadarkan kita, bahwa apa pun yang kita lakukan dan ucapkan itu sangat menentukan pada hari Tuhan nanti. (ay. 37). Apa yang kita lakukan di dunia ini itulah yang akan kita terima nantinya.
  2. Berjalanlah dengan Tuhan sebab Dia akan mengawali hidup kita selama di dunia ini. Orang percaya tidak akan kuatir akan masa akhir, sebab dia tidak memusingkan dirinya seberapa lama Tuhan akan memberi kesempatan hidup baginya di dunia ini. Tetapi, orang percaya lebih memfocuskan hidupnya pada kebersamaan dengan Tuhan dengan waktu yang singkat ini. Sehingga, mempersembahkan seluruh kehidupannya untuk merealisasikan kehendak Tuhan.
  3. Masa akhir kita di dunia ini, sekaligus menghantarkan kita memasuki awal yang baru bersama Tuhan.  Kita akan mengalami kemuliaannya di sorga nanti. Kita akan mengakhiri tahun gerejawi ini, namun sekaligus juga mempersiapkan diri kita memasuki awal tahun gerejawi yang baru. Marilah kita menyelidiki, sudah bagaimana kesungguhan kita di tahun ini mengabdi untuk Tuhan melalui gerejaNya. Marilah kita meningkatkan kesungguhan sebagai pengikut Kristus dengan sukacita melayani dan ambil bagian dalam semua pelayanan di gerejaNya, sekaligus menguji diri dan melakukan apa yang berkenan bagi Tuhan (Ef. 5:10).
Iklan

Satu respons untuk “Renungan Minggu Akhir Tahun Gerejawi/Peringatan Orang Meninggal

  1. Imanuel Amoni Waruwu 22 November 2012 / 12:10 pm

    Sungguh hidup adalah sementara.
    hanyalah karna kasihNYa kita masih bergerak, bernafas dan hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s