TUHAN TIDAK MEMBEDAKAN ORANG

Kisah Para Rasul 10:28-34

Petrus seorang yang berkebangsaan Yahudi. Adat istiadat Yahudi sedikit banyaknya masih melekat dalam dirinya. Termasuk soal bergaul dengan orang yang bukan Yahudi. Orang Yahudi dilarang keras bergaul dengan non-Yahudi. Pemahaman inilah yang melatarbelakangi, mengapa Petrus berkata dalam ayat 28 ini, “Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi’. Kebiasaan atau adat istiadat Yahudi telah menciptakan jurang pemisah yang begitu dalam untuk bergaul dengan semua orang.

Kornelius adalah seorang yang berkebangsaan bukan Yahudi, tetapi dia adalah orang Italia. Berdasarkan tradisi Yahudi, Petrus dilarang keras masuk ke rumah Letnan Kornelius, apalagi bergaul. Pemahaman ini menganggap bahwa Kornelius belum kudus, karena belum hidup sesuai hukum Taurat. Sementara, Petrus orang Yahudi merasa diri kudus, karena telah hidup sesuai hukum Taurat.

Kebiasaan atau tradisi manusia sering membuat manusia berbeda satu sama lain, sehingga membatasi pergaulan sesama manusia. Manusia bisa berbeda karena latar belakang budaya, bangsa dan agama, tetapi tidak menjadi dasar kita membatasi diri bergaul, bersahabat dan berdampingan serta bergandengan tangan dengan sesama manusia untuk berbuat kebaikan bersama. Iman kita memang berbeda dengan orang lain. Tetapi, Tuhan tidak pernah melarang kita bersahabat dengan semua orang. Bahkan Yesus, mengatakan orang yang membenci sekalipun harus dikasihi dan didoakan. Sebagai orang Kristen yang telah dibebaskan Kristus dari ikatan dosa, sebenarnya kita memiliki kebebasan bersahabat dan bergandengan tangan dengan semua orang. Bahkan sama-sama membuat perjanjian dan komitmen untuk sama-sama menciptakan kesejahteraan, keadilan dan kedamaian bersama, seperti perjanjian yang diadakan oleh Abraham dengan Raja Abimelek, untuk kesejahteraan mereka dan ketenangan hidup mereka dan keturunannya.

One thought on “TUHAN TIDAK MEMBEDAKAN ORANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s